UDINUS ADAKAN PELATIHAN IT UNTUK GURU BK

18 Februari 2016, 10:02:50 WIB

Perhatian Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) di bidang pendidikan tidak hanya sebatas di lingkup Perguruan Tinggi (PT) belaka. Pada tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) se-derajat, Udinus juga turut berpartisipasi aktif dalam peningkatan penyelenggaraan pendidikan di tingkat menengah atas. Salah satunya ditunjukka dengan penyelenggaraan Workshop yang ditujukan pada guru Bimbingan Konseling (BK) di Kota Semarang dan sekitarnya.

 

Acara yang dibuka di aula gedung E Udinus ini mengambil tema “Pelatihan Teknologi Informasi Guna Mendukung Optimalisasi Kinerja Guru BK” diikuti oleh lebih dari 150 orang guru dari berbagai SMA se-derajat di Kota Semarang dan sekitarnya. Guru BK yang notabene menjadi pengarah dan memberi bimbingan ke siswa dinilai sangat menentukan pilihan siswa untuk melanjutkan ke PT yang hendak dituju. Didasari atas hal tersebut, melalui workshop ini Udinus melalui Biro Admisi berusaha memberikan kemudahan bagi para guru BK. “kami ingin memfasilitasi guru BK agar mudah berinteraksi dengan siswa”, tutur Rektor Udinus Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom.

 

Pada praktik pelaksanannya, para guru BK yang menjadi peserta workshop dibagi menjadi beberapa kelompok. Mereka dilatih oleh empat orang instruktur yang merupakan dosen Udinus, yakni Fahri Firdausillah, M.CS., Fajrian Nur Adnan, M.CS., Erwin Yudi Hidayat, M.CS., dan Rindra Yusianto, M.T. Dalam pelatihan yang diselenggarakan di laboratorium komputer, gedung D lantai 2 Udinus, peserta diberi materi tentang pembuatan weblog yang dikhususkan untuk BK. Siswa yang hendak melakukan bimbingan dan konseling atau sekedar mencari informasi dapat mengakses weblog BK yang telah tersedia.

Di akhir pelatihan, akan dilakukan penilaian terhadap hasil karya dari para peserta workshop. Guna memberikan apresiasi atas hasil karyanya, Udinus juga akan memberikan kenang-kenangan untuk para peserta terbaik. “Di akhir kegiatan ini akan ada 5 tab Speed Up untuk lima weblog terbaik”, ungkap Dr St. Dwiarso Utomo SE,M.Kom,Akt,CA, selaku Wakil Rektor II.

 

Sementara itu, Kepala Bidang Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (Kabid. PTK) Dinas Pendidikan Kota Semarang, Drs. Hari Waluyo, M.M., memberikan apresiasi atas workshop yang diadakan oleh Udinus dengan peserta guru BK ini. Guru BK memiliki peran yang sangat penting dalam mengarahkan minat dan bakat siswa. “Salah satu peran itu adalah memberikan informasi mengenai PT yang akan menjadi tujuan siswa setelah lulus SMA,” ujar Hari.

Ia juga menuturkan bahwa workhop ini merupakan wujud realisasi Udinus terhadap Tri Dharma Perguruan Tinggi. Hari berharap sepulang dari workshop para guru BK dapat membantu guru yang lain dalam pemanfaatan teknologi informasi. “Mewakili Kadinas Pendidikan Kota Semarang, kami sampaikan terima kasih.Ini bentuk dari pelaksanaan Tri Dharma PT, dan mudah-mudahan dapat dilaksanakan juga untuk guru-guru mata pelajaran yang lain,” imbuhnya.

 

Apresiasi juga datang dari salah seorang peserta workhop, Dra. Sri Murtini, M.Si.,  yang juga Guru BK SMA Kesatrian 1 Semarang memberikan apresiasi kepada Udinus yang telah menyelenggarakan workshop untuk guru BK. “Selain terima kasih, kami juga bangga menjadi peserta terpilih dari kegiatan ini. Karena perkembangan dunia IT memang harus selalu diikuti, agar guru-guru BK juga tidak ketinggalan informasi”, ujarnya.(*humas)

Please Login


Status Pembayaran


Calendar

Perkuliahan

INFO TERKINI :

Dian Nuswantoro University

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us

Connect With Us


DIAN NUSWANTORO UNIVERSITY SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-3)