CREANOVATION AWARDS 2016 LAHIRKAN PENEMU-PENEMU MUDA

20 Mei 2016, 10:05:05 WIB

Bertempat di gedung E lantai 3Universitas Dian Nuswantoro Semarang, penilaian akhir Creanovation Awards 2016 digelar [ada Sabtu (14/5) lalu. Sebanyak 30 hasil karya siswa SMA dan SMK se-Indonesia yang lolos babak pertama. Dalam penilaian akhir ini, para peserta diminta untuk memaparkan hasil penelitian dan inovasi yang mereka ajukan.

Ada banyak jenis inovasi yang ikut serta dalam Creanovation Award ini, mulai dari penggunaan tetes tebu sebagai bahan baku parfum alami, penyedap rasa dari kulit pisang, pembuatan briket dari limbah kertas dan oli, hingga teknologi untuk mengatur pemberian asupan nutrisi bagi tanaman. Penilaian akhir Creanovation Award 2016 ini dibuka langsung oleh Wakil Rektor IV bidang Riset dan Kerjasama Udinus Dr. Pulung Nurtantio Andono, ST, M.Kom,  Dekan Fakultas Teknik Dr. Eng. Yuliman Purwanto, M.Eng, dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang Drs. Bunyamin, M.Pd, serta perwakilan dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah.

“Di tahun ketiga pelaksanaan Creanovation Award ini, kami dari Dinas Pendidikan Kota Semarang mengapresiasi kegiatan ini. Terlebih udinus menjadi pemberi wadah bagi kreativitas sekaligus inovasi bagi siswa SMA/SMK se-Indonesia,” papar Bunyamin dalam sambutannya.

 Selain itu dalam sambutannya, Pulung menyampaikan, tidak hanya sebagai wadah kreativitas dan inovasi, namun Creanovation Awards ini dapat dijadikan salah satu acuan kegiatan jika ingin menemukan temuan-temuan baru di Indonesia. “Tidak hanya Fakultas Teknik Udinus saja yang terkenal, tapi sekolah yang turut serta dalam ajang ini juga ikut melambung namanya,” tandas Pulung.

Hasil selengkapnya untuk ajang Creanovation Awards 2016 adalah Juara 1 SMA Insan Cendekia Al Kausar Sukabumi yang karyanya mengangkat tentang garduino smart microcontroller. Juara 2 SMA Negeri 1 Lamongan dengan karya vegerrent’dang yang memanfaatkan hati pisang sebagai olahan pangan vegetarian rendang low cholesterol. Juara 3 SMAN 8 Bulukumba dengan karya fermentasi limbah tetes tebu dari pabrik gula sebagai bahan alternatif pembuatan parfum yang alami dan ramah lingkungan, Juara harapan  SMAN Wringinanom Gresik,  Juara best poster  dari SMK negeri Depok, Juara Most Liked Video dari SMKN 1 Bulukumba dan Juara Audience Choice Presentation dari SMKN 1 Cerme Gresik. (*humas)


PENILAIAN: Para juri sedang melakukan tahap penilaian pada para peserta Creanovation Awards 2016. (Foto: Nining Sekar)

Please Login


Status Pembayaran


Calendar

Perkuliahan

INFO TERKINI :

Dian Nuswantoro University

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us

Connect With Us


DIAN NUSWANTORO UNIVERSITY SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-3)