KURNIAJI PERSEMBAHKAN EMAS UNTUK UDINUS DI AJANG TINGKAT ASEAN

4 Oktober 2016, 08:10:33 WIB

 

Satu lagi mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang yang membawa pulang Emas dari kejuaraan tingkat ASEAN di ajang ASEAN Skills Competition (ASC) yang ke-11. Dia adalah Kurniaji Wahid Solihin, mahasiswa angkatan 2015 Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknik (FT) Udinus. 

Kejuaraan ASC ini merupakan kompetisi ketrampilan tingkat ASEAN yang diadakan 2 tahun sekali di tahun genap. Ada 25 bidang yang 

dipertandingkan, sedangkan Indonesia mengikut 22 bidang. Dengan difasilitasi oleh Kementrian Ketenagakerjaan, Aji, begitu sapaan akrabnya, berlaga di bidang Mechanical Engineering Design (MED) dan berhasil mengalahkan 12 peserta dari 6 negara, yaitu Malaysia, Singapura, Vietnam, Thailand, dan Filipina. Dimana masing-masing negara mengirimkan 2 peserta.

"Persaingan yang ketat memaksa saya untuk beradaptasi lebih cepat. Selain dengan lingkungan dan tempat lomba, berjuang di negeri orang mewakili Indonesia sangatlah tidak mudah," ungkap Aji.

 

ASC yang diadakan di Kuala Lumpur Malaysia ini dilangsungkan selama 10 hari sejak 19-29 September lalu. Lomba bidang MED sendiri dilangsungkan selama 3 hari, dimana setiap harinya diberikan task project. Hari pertama, Aji ditugaskan untuk menggambar langsung suatu objek/komponen (reverse engineering). Hari kedua adalah merakit suatu mesin atau assembly drawing. Sedangkan di hari ketiga ditugaskan membuat animasi atau fabrikasi. "Untuk meraih hasil terbaik, saya sempat cuti 1 semester demi mengikuti pelatihan di Jakarta untuk ASC ini. Tapi Alhamdulillah hasilnya maksimal," tambah Aji.

 

Capaian Kurniaji ini memang makin menambah pundi-pundi prestasi Udinus dari segala bidang. Dan selain hadiah berupa uang pembinaan dari kejuaraan tersebut, hadiah dari Udinus juga tidak main-main. "Kami berikan beasiswa kuliah penuh untuk Kurniaji Wahid Solihin yang telah membawa pulang medali emas di ajang ASC tingkat negara ASEAN. Inilah wujud kami mengapresiasi mahasiswa yang berprestasi untuk almamater Udinus," terang Dr Ir Edi Noersasongko, MKom Rektor Udinus.  (*humas)

 

 

MERAH PUTIH : Kurniaji, mahasiswa Teknik Industri Udinus mencium medali dan Sang Saka Merah Putih setelah dinobatkan menjadi juara di ajang ASC dan membawa pulang medali emas beberapa waktu lalu. Foto : Dok Kemenaker. 

Please Login


Status Pembayaran


Calendar

Perkuliahan

INFO TERKINI :

Dian Nuswantoro University

Main Campus : 207 Imam Bonjol Street || (+6224) 3517261
Other Campus : 5-11 Nakula I Street || (+6224) 3520165
Fax. (+6224) 3569684 || Semarang 50131 Indonesia
Contact us

Connect With Us


DIAN NUSWANTORO UNIVERSITY SEMARANG || Copyright © 2015 - 2020 PSI UDINUS All right Reserved (App-3)